Sosialisasi Kebijakan Pemerintah dan Program Pembangunan Tentang Sampah

MAJALENGKAKAB.GO.ID.- Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Majalengka menggelar “Sosialisasi Kebijakan Pemerintah dan Program Pembangunan Daerah khususnya tentang pengelolaan sampah di Desa Cikoneng Kecamatan Sukahaji, Rabu malam, (20/08/2014).


Kadishubkominfo Drs. Agus Permana, AP, MP melalui Kabid Kominfo Wawan Kurniawan, ST, MT mengatakan di tengan pesatnya pembangunan di wilayah Kabupaten Majalengka dengan adanya megaproyek Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Jalan Tol Cisumdawu, Jalan Tol Cikapa dan pembangunan pabrik tekstil tentu membutuhkan tata kelola lingkungan hidup yang baik.
“Di tengah pesatnya berbagai proyek pembangunan tentu kelestarian lingkungan seperti sampah dan ketertiban, kebersihan serta keindahan harus tetap dijaga agar investor tetap tertarik,” ungkapnya.
Sementara itu Drs. Mahmud MP Kepala Bidang Pelestarian Lingkungan Hidup Badan Pertamanan dan Lingkungan Hidup (BPLH) Kabupaten Majalengka mengatakan Pengelolaan sampah adalah pengumpulan, pengangkutan, pemrosesan , pendaurulangan, atau pembuangan dari material sampah.
Menurutnya hal ini biasanya mengacu pada material sampah yang dihasilkan dari kegiatan manusia, dan biasanya dikelola untuk mengurangi dampaknya terhadap kesehatan, lingkungan, atau keindahan. Pengelolaan sampah juga dilakukan untuk memulihkan sumber daya alam. Pengelolaan sampah bisa melibatkan zat padat, cair, gas, atau radioaktif dengan metode dan keahlian khusus untuk masing-masing jenis zat.
Mahmud mengatakan praktik pengelolaan sampah berbeda beda antara negara maju dan negara berkembang, berbeda juga antara daerah perkotaan dengan daerah pedesaan, berbeda juga antara daerah perumahan dengan daerah industri. Pengelolaan sampah yang tidak berbahaya dari pemukiman dan institusi di area metropolitan biasanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, sedangkan untuk sampah dari area komersial dan industri biasanya ditangani oleh perusahaan pengolah sampah.
“Metode pengelolaan sampah berbeda-beda tergantung banyak hal, di antaranya tipe zat sampah, tanah yang digunakan untuk mengolah dan ketersediaan area,” jelasnya.
Pendidikan dan kesadaran di bidang pengelolaan limbah dan sampah yang semakin penting dari perspektif global dari manajemen sumber daya. Apabila tidak ditangani dengan baik menurutnya akan terjadi kecepatan dan degradasi lingkungan, dan penipisan sumber daya alam. (***)