.::SELAMAT DATANG DI WEBSITE DISHUBKOMINFO KABUPATEN MAJALENGKA "BERSAMA MARI KITA WUJUDKAN TRANSPORTASI, KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA YANG HANDAL BERBASIS MASYARAKAT RELIGIUS, MAJU DAN SEJAHTERA"::.

Kepala Dinas

Drs. AGUS PERMANA, M.P

Waktu Sekarang

Pendapat Anda

Pendapat Anda Tentang Pelayanan Kami ?
 

Sekarang Online

We have 1 guest online

Kotak Login

Web Link

Home

Awas, Tiga Titik Jalur Mudik Ciamis Rawan Kecelakaan


Sebanyak tiga titik jalur mudik dan balik Lebaran wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, perlu diwaspadai para pemudik karena dinilai rawan kecelakaan.

"Pengguna jalan saat memasuki wilayah Ciamis perlu meningkatkan kewaspadaannya karena terdapat beberapa titik yang dinilai rawan kecelakaan lalu lintas," kata Kepala Bagian Operasi Polres Ciamis, Kompol Oo Rusdita kepada wartawan, Senin (22/8/2011).

Tiga titik jalur rawan kecelakaan itu menurut Oo daerah Pamalayan, tanjakan Cibeka dan Batununggul Kecamatan Cijeungjing yang terdapat jalan tikungan dan menanjak panjang.

Ia mengimbau kepada para pengemudi kendaraan roda dua maupun empat agar ektra hati-hati melintasi jalur tersebut, terutama pengemudi luar kota atau yang belum mengetahui medan jalan di wilayah Ciamis.

"Untuk rawan kecelakaan Pamalayan, Cibeka, Batununggul itu yang perlu diwaspadai pada arus mudik dan balik," katanya.

Sementara itu titik kemacetan di jalur Ciamis, kata Oo terdapat sepanjang jalur Sindangkasih perbatasan Kabupaten Ciamis dan Tasikmalaya menuju Bandung.

Daerah Sindangkasih, menurut dia sering terjadi kepadatan kendaraan terutama pada arus balik Lebaran dari arah Ciamis melintasi jalur Tasikmalaya menuju Bandung.

Polres Ciamis, kata Oo telah mempersiapkan antisipasi mengatasi kemacetan di jalur Sindangkasih ketika terjadi hambatan laju kendaraan di daerah tanjakan Gentong, Kabupaten Tasikmalaya.

Agar tidak terjadi kemacetan panjang di daerah Ciamis jalur Sindangkasih, kata Oo pengendara dari arah timur atau Kota Banjar, Jawa Tengah menuju barat atau Bandung akan dialihkan ke jalur alternatif.

Jalur alternatif pertama yang akan dilakukan kepolisiian Ciamis mengatasi kemacetan di Sindagkasih yakni daerah Kawali menembus Kabupaten Majalengka dengan jarak sejauh 49 km kemudian alternatif kedua jalur Cimaragas menuju Tasikmalaya dengah jarak sejauh 17 km.

"Dua jalur alternatif Cimaragas dan Kawali itu akan digunakan untuk pengalihan jalur apabila terjadi kepadatan kendaraan di Sindangkasih," katanya.

Sementara itu pengamanan Lebaran di wilayah Ciamis yang merupakan jalur tujuan pemudik menuju Ciamis dan Jawa Tengah itu, Polres Ciamis telah menyiapkan sebanyak 60 pos pantau tersebar dibeberapa titik ditambah enam pos pengamanan dan dua pos pelayanan.

Pengamanan Lebaran yang berlangsung mulai H-7 hingga H+7, Polres Ciamis menerjunkan anggota sebanyak 702 personel dari berbagai unsur kesatuan yang disiagakan di setiap pos dan sebagian melakukan patroli